SIKAP DIRIGEN (UMUM)
Sikap dirigen merupakan gabungan dari sikap tangan, tubuh dan juga ekspresi
wajah. Dirigen harus memaksa penyanyi memperhatikan dirinya terutama gerakan
tangannya. Dapatkah anggota koor melihat tangan dirigen? Dapatkah mereka
melihat pada saat tangan ada di bawah? Sikap tubuh harus dalam posisi siap dan
waspada, tidak terlalu kendor atau tegang. Selalu dalam keadaan waspada dan
siap. Sikap yang yang santai atau tidak peduli gampang menular. Ekspresi wajah
memberikan petunjuk kepada penyanyi apa yang diharapkan dari mereka. Seorang
dirigen menggunakan kedua matanya untuk memelihara kontak dengan setiap
penyanyi, sekaligus memegang kendali.
Dirigen pada dasarnya memberi pengarahan pada penyanyi sebelum penyanyi
menyanyikannya, sehingga apa yang dilakukan koor sesuai dengan yang dikehendaki
dirigen.
SIKAP TANGAN PADA POSISI SIAP
Penyanyi/organis harus dipersiapkan sebelum mulai dengan sikap siap. Sikap
tangan seperti sedang memegang bola yang garis tengahnya selebar badan. Kedua
telapak tangan menghadap ke bawah dengan jari-jari yang relaks. Kedua tangan
pada jarak yang sama dengan badan anda. Sikap siap ini bervariasi tergantung
dari karakter lagu yang akan dibawakan.
GERAKAN AWAL
Gerakan awal diperlukan saat mulai memberi aba-aba. Sebaiknya dipelajari
setelah menguasai pola-pola dasar dan dapat melakukannya tanpa ketegangan.
Gerakan awal harus dipelajari dan dipakai, jangan lagi menghitung
“satu-dua-tiga” untuk memulai nyanyian.
Fungsi gerakan awal adalah :
1. Meningkatkan presisi/ketepatan waktu mulai penyanyi berbunyi.
2. Mengingatkan karakter (termasuk volume) pada awal lagu yang akan dibawakan
3. Menjelaskan tempo yang akan diambil.
Gerakan awal didahului dengan sikap siap. Gerakan awal ini janganlah dipakai
untuk memberi tahu setiap kali suatu kelompok suara harus masuk. Penyanyi harus
selalu dituntut untuk menghitung semua tanda istirahat, bukan menunggu tanda dari
dirigen.
Cara melakukannya :
Pada dasarnya memberi satu ketukan sebelum ketukan masuk (untuk lagu yang
dimulai pada ketukan), membuat sikap badan dan tangan yang antisipatif, serta
pada saat masuk melakukan gerakan yang mantap, seperti “yak – bam”. Selalu
arahkan pandangan mata ke bagian penyanyi yang akan mulai bernyanyi, jangan
melihat pada teks. Tetap pandang mereka sampai proses “masuk” ini diselesaikan.
Jangan berpaling karena penyanyi akan merasa kecewa / diabaikan. Gerakan awal
diarahkan pada pengiring bila lagu diawali dengan intro. Disini organis harus
melihat ke dirigen sehingga masuk pada saat dan tempo serta karakter yang
dimaksudkan oleh dirigen.
GERAKAN BERHENTI
Gerakan ini penting karena biasanya penyanyi atau dirigen kehilangan konsentrasinya
menjelang akhir lagu. Aba-aba harus selalu diberikan sampai lagu berakhir,
bahkan hingga beberapa saat setelah lagu berhenti. Kontrol dirigen terhadap
penyanyi harus tetap dijaga. Cara paling sederhana adalah menghentikan gerakan
tangan pada ketukan terakhir, menahannya sesuai dengan yang dikehendaki (apakah
itu beberapa ketukan atau fermata), lalu beri dua gerakan pendek, satu ke atas,
satu ke bawah, kembali ke tempat semula : seperti “ yak – stop”. Pada saat
“stop” ini semua suara harus berhenti, penyanyi mungkin masih harus mengucapkan
konsunan penutupnya.
TANGAN KIRI
Tangan kiri berfungsi untuk menolong tangan kanan, bila tangan kanan tidak lagi
bisa memberikan pengarahan yang diinginkan. Cobalah gunakan pedoman ini :
1. Pada dasarnya tangan kanan melakukan semuanya: tempo, volume, karakter,
phrasing,
dan gerakan awal serta akhir.
2. Tangan kiri membantu yang hal-hal tidak dapat dilakukan sendiri oleh tangan
kanan seperti membari gerakan awal, aksen, volume, tanda untuk menahan nada
pada kelompok suara tertentu. Juga hal-hal lain seperti membalik teks, memberi
karakter dengan mengepalkan tangan atau membuat gerakan yang gemulai.
3. Membantu menekankan apa yang sudah dilakukan oleh tangan kanan.
4. Tangan kiri sebaiknya jangan melakukan pola ketukan tangan kanan terlalu
banyak, hanya pada saat awal atau bila tempo terasa terlalu berat atau cepat.
DINAMIKA, AKSEN, PHRASING, TEMPO, KARAKTER
Setelah gerakan dasar dikuasai, gerakan-gerakan yang lebih sulit perlu
dipelajari untuk memberi aba-aba pada elemen musik yang lain.
DINAMIKA
Piano dan forte dapat ditunjukkan oleh ukuran gerakan tangan. Buatlah gerakan
sekecil mungkin untuk pianissimo yang masih dapat dilihat oleh penyanyi dan
kemudian buatlah gerakan lebar untuk fortissimo. Ingat-ingatlah ukuran gerakan
untuk kedua ekstrim ini dan jangan melewatinya. Bila terjadi perubahan dinamika
buatlah gerakan yang menunjukkan dinamika yang dikehendaki sebelum waktunya.
Pakailah tangan kiri untuk mengatur cepat-lambatnya suatu crescendo/diminuendo.
AKSEN
Berilah pantulan yang tinggi pada satu ketukan sebelumnya, dan kemudian jangan
memantul terlalu tinggi pada ketukan beraksen. Gunakan tangan kiri untuk
membantu.
PHRASING
Phrasing adalah pengkalimatan dalam lagu. Biasanya suatu lagu terdiri atas
kalimat panjang dan kecil yang dipisahkan dengan tanda ( ‘ ) meskipun lebih
sering dirigen harus menganalisa sendiri. Biasanya di tempat ini penyanyi
mengambil nafas, Untuk memberi aba-aba pada phrasing, gerakan tangan dihentikan
pada akhir suatu frase dan bergerak lagi untuk memulai frase yang baru.
TEMPO
Perlu diperhatikan bahwa tempo cepat tidak efektif bila dilakukan dengan
gerakan yang besar (meskipun forte) dan tempo lambat tidak terlihat bila
dilakukan dengan gerakan yang kecil.
Gunakan pedoman berikut :
1. Untuk mempercepat atau menegaskan tempo bila penyanyi/organis melambatkan
tempo lagu, gunakan gerakan kecil yang jelas.
2. Untuk memperlambat tempo atau menjaga tempo agar tidak lari, gunakan gerakan
yang besar dan lebar.
KARAKTER
Sampai disini aba-aba yang diberikan itu untuk karakter lagu yang legato. Untuk
gaya yang lain diperlukan tangan yang berbeda.
Marcato. Gunakan gerakan yang lebih energik, pukulan yang lebih keras dengan
sudut-sudut balik yang lebih tajam.
Staccato. Pukulan cepat berbalik memantul dengan sudut yang tajam tanpa
mengentikan gerakan. Gerakan lebih berupa garis, bukan lagi lengkungan.
Maestoso. Agung dan megah. Buat gerakan ke bawah yang berat dan sedikit lebih
lambat.
Lambat, mengalir. Ini yang paling sulit. Gerakan harus tenang tanpa hentakan,
tetapi ketukan tetap jelas. Diperlukan control otot dan syaraf. Semua gerakan
harus lambat dan terus mengalir, namun gerakan memantul tetap ada dan jelas.
BEBERAPA TIPS
Selain teknik aba-aba, ada beberapa hal di luar teknis yang bisa membantu
mempelajari suatu lagu baru, baik secara individu maupun dalam latihan.
CERMIN.
Seorang pemusik memerlukan latihan individual, tidak terkecuali seorang
dirigen. Seorang pemain instrument atau penyanyi dapat mengecek bunyi yang
dihasilkan dengan telinganya. Seorang dirigen yang berlatih sendiri mengecek
penampilannya di depan cermin, karena tidak ada suara yang dikeluarkan. Cek
apakah aba-aba yang diberikan jelas.
LATIHAN DENGAN TEMPO LAMBAT.
Seperti juga pemusik untuk menguasai bagian yang sulit dirigen perlu juga
melatih dalam tempo lambat terlebih dahulu untuk menguasai detil musiknya.
BERI SEMUA KETUKAN.
Meskipun penyanyi tidak menyanyi, bila musik masih berlangsung, apakah itu
instrument atau istirahat, tetaplah memberi semua ketukan sehingga penyanyi
tahu dimana anda berada.
WAJAH.
Ekspresi wajah penting dalam kepemimpinan dan juga interpretasi musik. Jangan
memimpin dengan muka seperti mayat, tanpa ekspresi. Hindari juga wajah yang
terlalu tegang karena akan mempengaruhi ketegangan otot produksi suara dari
penyanyi.
MENYANYI.
Jangan ikut menyanyi bila memimpin karena suara koor tidak akan terdengar
karena tertutup suara sendiri. Meski demikian mulut boleh ikut mengucapkan teks
(tanpa berbunyi) untuk membantu penyanyi masuk atau menjaga tempo. Hendaknya
ini dibatas pada awal kalimat saja.
MENCATAT PADA TEKS.
Jangan menganggap ini kegiatan yang amatiran. Semua dirigen besar melakukannya.
Beri tanda-tanda yang komunikatif pada tempat yang penting atau sering terjadi
kesalahan, sehingga waktu memimpin lagu tersebut dapat memberikan aba-aba
sesaat sebelum waktunya tiba.
MELIHAT KE PENYANYI
Selalu jaga kontak dengan penyanyi dengan menatap mereka terutama pada
tempat-tempat yang sulit. Jangan korbankan kontak ini untuk melihat teks karena
takut kehilangan. Penyanyi akan merasa ditinggalkan bila pada saat yang sulit
dirigen menundukkan kepala dan melihat ke teks di bawahnya.
MELATIH PADUAN SUARA
Hidup sebuah paduan suara terletak pada latihan-latihannya. Pada saat itulah
semuanya terjadi: penguasaan suatu lagu, pengertian antar personal, peningkatan
teknik (vocal, aba-aba, main organ). Sebuah paduan suara tidak akan maju atau
bertahan keberadaannya tanpa adanya latihan. Latihan rutin adalah latihan yang
paling bermanfaat untuk meningkatkan mutu suatu paduan suara. Untuk itu setiap
latihan perlu beberapa persiapan.
PERSIAPAN DIRIGEN
1. Lagu dan penguasaan lagu :
· not
· kata-kata
· phrasing
· tempo yang cocok
· kerangka harmoni
2. Menyediakan teks (lebih baik berikan tugas ini pada orang lain)
3. Menyiapkan tempat
4. Menyiapkan organis : nada dasar
5. Merencanakan agenda latihan (pemanasan, beberapa menit sebelum latihan dsb.)
PERSIAPAN ORGANIS
1. membuat dan melatih lagu-lagu sesuai dengan kunci yang disepakati
2. membuat intro
3. lagu-lagu yang dinyanyikan empat suara harus dicari/dibuat iringan yang
sesuai
Kedua hal diatas, sebaiknya dilakukan di luar jam latihan, sehingga waktu
latihan yang sangat terbatas bisa dimanfaatkan, apalagi di kota besar dimana
waktu sangat berharga. Jangan sia-siakan orang banyak yang sudah berkumpul
sementara anda sendiri melakukan tugas anda sendiri yang belum selesai.
Sebelum mulai latihan dirigen harus mempersiapkan koornya dahulu dengan latihan
pemanasan (Vocalisi). Yang menjadi tujuan pemanasan adalah menyiapkan organ-organ
produksi suara untuk menghasilkan suara yang diinginkan, selain itu juga
membangun konsentrasi yang akan dipakai nanti dalam mempelajari lagu.
SEARCH
LATEST
3-latest-65px
SECCIONS
- Materi Ajar (3)
Cari Blog Ini
Arsip Blog
-
BAB II MERENUNGKAN KEKUASAAN ALLAH SWT DAN MENGGAPAI RAHMATNYA Kompetensi Dasar 3.2 Menganalisis isi kandungan QS. asy-Syams (91): 1 -1...
-
SIKAP DIRIGEN (UMUM) Sikap dirigen merupakan gabungan dari sikap tangan, tubuh dan juga ekspresi wajah. Dirigen harus memaksa penyanyi mem...
-
Kompetensi Dasar 1.2 Menghayati bahwa infak dapat untuk menyucikan jiwa dan menambah keberkahan 2.2 Menjalankan sikap peduli kepada ses...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar